Mon. Jul 4th, 2022

Seperti yang kita ketahui bersama, gula merupakan pemanis yang terbuat dari air tebu maupun air nira kelapa. Gula sudah sejak lama diproduksi dan dijadikan kebutuhan sehari-hari, baik untuk pembuatan makanan maupun minuman.

Nah, di samping gula, ada juga sari gula yang merupakan pemanis buatan dan bisa kita temui pada makanan maupun minuman sehari-hari. Konsumsi pemanis buatan ini juga memiliki tujuan yang berbeda-beda, seperti untuk mengontrol kalori maupun mengurangi berat badan. Nah, berikut ini ada 6 jenis sari gula yang kerap kita temui.

1. Siklamat

Siklamat memiliki tingkat kemanisan 30 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan gula pasir biasa. Nah, penggunaan siklamat di Indonesia pun sudah mendapatkan persetujuan dari BPOM asalkan takarannya masih dalam dosis yang wajar.

2. Sakarin

Sebenarnya, sari gula yang satu ini sudah ada sejak seabad lalu. Sakarin sendiri memang menjadi pelopor jenis pemanis buatan. Sakarin memiliki tingkat indeks kemanisan sebesar 300-500 kali lebih manis dibandingkan dengan gula biasa.

3. Sukralosa

Sukralosa sebagai pemanis buatan ternyata memiliki rasa yang 600 kali lebih manis apabila kita membandingkannya dengan gula murni. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga bahwa sukralosa tidak bisa dicerna oleh tubuh serta tidak memberikan pengaruh ke gula darah.

4. Erititol

Erititol adalah jenis gula alkohol yang memiliki derajat kemanisan lebih kecil apabila kita bandingkan dengan produk lainnya. Soalnya, erititol tingkat kemanisannya sebesar 0,7 kali gula pasir. Tidak heran, jenis pemanis ini dianggap sebagai salah satu jenis pemanis yang aman untuk kita konsumsi.

5. Neotam

Jenis pemanis buatan selanjutnya yang juga kerap kita temui ialah neotam. Jadi, sebenarnya neotam merupakan produk turunan dari aspartam yang tingkat kemanisannya sangatlah tinggi, yakni sebesar 7.000-13.000 kali gula.

6. Isomalt

Pemanis buatan isomalt terbuat dari sukrosa alias gula pasir yang memiliki derajat kemanisan sebesar 0,45-0,65 kali gula murni. Sementara itu, seperti halnya erititol, isomalt juga termasuk sebagai kategori pemanis buatan yang aman untuk gigi.

By Satriya