Bikin Wangi dan Nyaman, Intip 4 Cara Membersihkan Spring Bed yang Benar

Spring bed adalah salah satu jenis kasur yang populer digunakan karena memberikan kenyamanan ekstra saat tidur. Namun, seperti halnya furnitur lainnya, spring bed juga membutuhkan perawatan rutin agar tetap bersih, segar, dan nyaman digunakan. Membersihkan spring bed secara berkala bukan hanya membuatnya terlihat lebih bersih, tetapi juga dapat menghilangkan debu, tungau, dan kotoran yang menumpuk. 

Berikut adalah empat cara membersihkan spring bed yang benar untuk membuatnya tetap wangi dan nyaman:
1. Vacuum secara Rutin
Langkah pertama dalam membersihkan spring bed adalah dengan menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Gunakan alat ini untuk menyedot debu, tungau, dan kotoran yang menempel pada permukaan dan celah-celah spring bed. Pastikan untuk menyedot secara menyeluruh di semua bagian kasur, termasuk sisi atas, sisi bawah, dan sisi sampingnya. Lakukan ini secara rutin setidaknya satu kali dalam dua minggu untuk menjaga kebersihan spring bed.
2. Membersihkan Noda dengan Cairan Pembersih
Jika ada noda atau bercak yang menempel pada spring bed, segera bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih yang sesuai. Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus untuk tekstil atau campuran air dan deterjen ringan. Tuangkan sedikit cairan pembersih ke spons atau kain bersih, lalu usap perlahan pada area yang terkena noda. Hindari menggunakan terlalu banyak air agar tidak membuat kasur menjadi lembab. Setelah membersihkan noda, keringkan area tersebut dengan kain bersih atau hair dryer.
3. Gunakan Vacuum Cleaner Khusus
Selain menggunakan vacuum cleaner biasa, Anda juga dapat menggunakan vacuum cleaner khusus yang dirancang untuk membersihkan spring bed. Vacuum cleaner ini dilengkapi dengan alat dan sikat khusus yang dapat menjangkau celah-celah dan lipatan pada kasur. Gunakan alat ini secara teratur untuk membersihkan sisa-sisa debu dan kotoran yang sulit dijangkau oleh vacuum cleaner biasa.
“Kunjungi juga: bersih rumah bandung
4. Sunlight atau Kipas Angin
Setelah membersihkan spring bed, biarkan kasur tersebut terkena sinar matahari langsung atau kipas angin selama beberapa jam. Paparan sinar matahari dan udara segar dapat membantu menghilangkan kelembaban, mengurangi pertumbuhan jamur, dan memberikan kesegaran alami pada kasur. Pastikan untuk membalik atau memutar spring bed secara berkala agar kering secara merata di semua bagian.
Membersihkan spring bed secara rutin adalah langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kasur Anda. Dengan mengikuti empat cara di atas, Anda dapat membuat spring bed tetap wangi, bersih, dan nyaman digunakan untuk tidur. Selamat mencoba!