Cara Agar AC Lebih Awet Tidak Menghabiskan Biaya

Sama halnya dengan peralatan elektronik lainnya, Air Conditioner atau AC juga perlu untuk diberi perawatan agar bisa terus bekerja dengan baik. AC yang tidak dirawat seringkali menyebabkan AC tersebut menjadi tidak dingin atau bahkan rusak. Maka dari itu, anda perlu untuk melakukan pengecekan dan pembersihan pada beberapa komponen pada AC secara berkala.

Cara Agar AC Lebih Awet

Jika AC sudah mengalami kerusakan pada tingkat yang berat, ada baiknya untuk segera memanggil jasa service AC seperti multiteknikindo yang sudah mempunyai pengalaman di bidang penanganan AC. Namun, anda sebenarnya juga bisa melakukan perawatan secara mandiri untuk mencegah terjadinya kerusakan pada AC tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara agar AC lebih awet yang bisa anda terapkan secara mandiri di rumah:

Matikan AC saat sedang tidak digunakan

Cara yang paling simple namun seringkali disepelakan dan kurang diterapkan adalah mematikan AC saat sedang tidak digunakan. Semakin sering AC tersebut dinyalakan, maka akan semakin kotor dan menurun juga tingkat dingin yang akan dihasilkan. Maka dari itu, gunakanlah AC secukupnya saja saat dibutuhkan dan matikan saat tidak digunakan, contohnya adalah saat anda meninggalkan rumah.

Hal ini tidak hanya berlaku pada AC saja, namun juga pada sebagian besar alat elektronik lainnya seperti tv, lampu, kipas angin, dll. Selain menjadi lebih awet, cara ini juga bisa menghemat biaya dalam penggunaaan listrik.

Rutin membersihkan filter atau Penyaring AC

Cara agar AC lebih awet yang kedua adalah dengan rutin melakukan pengecekan dan pembersihan pada filter AC. Salah satu penyebab utama dan paling sering terjadi dari menurunnya udara dingin yang dihasilkan oleh AC adalah karena filter atau penyaring AC yang kotor. Karena itulah, anda perlu secara rutin membersihkan filter AC tersebut, minimal satu atau dua kali dalam sebulan.

Tidak menggunakan suhu di bawah 22°C Secara Langsung

Cara agar AC lebih awet yang ketiga adalah dengan tidak mengatur suhu ke angka paling rendah yang terdapat pada AC. Saat kita baru saja menyalakan AC, seringkali kita langsung mengatur AC tersebut ke suhu paling rendah agar ruangan menjadi cepat dingin. Hal ini merupakan kebiasaan yang perlu untuk ditinggalkan.

Menggunakan suhu terendah yang terdapat pada AC standar atau non-inventer membuat kompresor pada AC tersebut bekerja lebih keras dan menjadi cepat rusak. Untuk itulah, lakukan penurunan suhu menggunakan AC secara bertahap agar kompresor bisa lebih awet dan tahan lama.

Periksa gas freon

Freon merupakan gas pendingin yang terdapat pada AC dan menjadi sebuah komponen paling penting dalam udara dingin yang dihasilkan. Adanya kekurangan pada gas freon menyebabkan AC menjadi kurang atau bahkan tidak dingin. Untuk mengatasi hal yang satu ini,  anda perlu untuk memanggil bantuan teknisi secara rutin, misalnya 3 bulan sekali.